11 Desember, 2008

Patah Tulang dan Nyeri Sendi

Tulang yang sehat dan kuat akan mendukung struktur dan postur tubuh yang baik. Namun, kecelakaan dapat merusaknya, contohnya adalah patah tulang.
Penanganan patah tulang secara keliru dapat berakibat buruk berkepanjangan.Tulang yang patah bisa menonjol pada kulit bisa juga tidak. Biasanya patah tulang yang terbuka menerobos kulit. Ada beberapa macam patah tulang seperti:
Patah tulang terbuka (majemuk), ringan, greenstik, tranversal, miring dan remuk.

Setelah korban mengalami cedera atau trauma biasanya:
- Terasa sakit jika ada gerakan lembut
- Bagian ujung dari jantung terasa mati bahkan berwarna kebiru-biruan
- Korban tidak sadar
- Bila korban tidak bernapas, lakukanlah pernapasan buatan

Langkah pertama bila terjadi cedera:
- Melindungi bagian yang sakit agar tidak rusak lebih lanjut
- Tekan luka bila ada perdarahan dengan perban steril. Kalau tidak ada dengan tangan Anda. Tekan hingga darah berhenti.
- Gunakan perban gantung agar bagian yang retak tidak bergerak. Belat bisa dibuat sendiri dari plastik, kayu, atau koran yang digulung. Belat dipasang pada kedua sisi tulang. Ikat erat-erat tapi jangan terlampau kencang.
- Jangan coba-coba membetulkan tulang
- Kalau ada es, tempelkan pada belat.
- Bagian yang cedera dinaikkan melebihi tinggi posisi jantung untuk mengurangi perdarahan dan pembengkakan.
- Baringkan korban bengan kepala lebih rendah dari badan

Macam-macam penyakit pada sendi:
1. Bursitis, disebabkan karena sering terbentur, berlutut terlalu lama.
Bisa juga karena infeksi. Bursitis terjadi pada bagian bahu, siku bisa juga pada lutut, ibu jari dan tumit.Mengatasinya bursitis bisa dengan obat penghilang rasa sakit, bantalan busa lunak.

2. Tendinitis, rasa sakit pada sendi.
Biasanya penderita menyadari saat melakukan gerakan. Ini disebabkan ada robekan kecil pada urat. Paling sering timbul di sekitar bahu, siku dan lutut. Oleh sebab itu lakukanlah pemanasan dan pendinginan saat berolah raga.Gunakan obat antiradang.

3. Cedera otot pemutar.
Cedera ini karena melakukan gerakan-gerakan kepala yang lebih tinggi secara berulang seperti: mengecat, berenang. Bagian otot pemutar mengalami robekan kecil atau terjepit di antara tulang.

4. Gout
Nyeri mendadak pada satu sendi, biasanya pada pangkal ibu jari, bisa juga pada persendian kaki. Sendi yang terkena biasanya merah dan bengkak. Biasanya menimpa pria 40-an, risiko meningkat bila kegemukan atau menidap darah tinggi.

Dalam acara talkshow Pas FM Healthcare Sabtu 20 November 2004 akan didiskusikan secara lebih rinci seputar patah tulang dan nyeri sendi. Kalau ingin tahu lebih lanjut tentang masalah tersebut, simak acara talkshow interaktif di Pas FM tentang patah tulang dan nyeri sendi (*)Disarikan dari Narasumber: Dr. Hotma BanjarnahorBagian bedah RS UKI

by : Anistia Malinda ( 01 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar